Translate

Tuesday, July 30, 2013

First Matsuri

Matsuri di Bunkyo (daerah rumah saya)
 Apa sih matsuri itu sebenarnya? Matsuri berasal dari kata matsuru yang aryinya pemujaan. matsuri adalah festival atau perayaan di Jepang. Konon matsuri berasal dari agama shinto yang berarti persembahan. Matsuri sendiri bertujuan untuk mendoakan keberhasilan ikan, panen padi, kesuksesan dalam bisnis, kesehatan dan kesembuhan dalam penyakit, selain itu matsuri juga diadakan sebagai tradisi pergantian musim dan mendoakan arwah tokoh terkenal. Makna dari matsuri pun beragam-ragam sesuai dengan penyelenggaraan jenis matsuri, seperti ritualnya. Mungkin ritualnya berbeda dengan daerah satu dengan daerah lainnya. 

Nah kali ini saya share first matsuri saya, kebetulan saya tinggal di daerah kuil, di Bunkyo,Tokyo. Saya melihat matsurinya pada siang hari,banyak orang Jepang menggotong Yatai secara bersama-sama. Yatai adalah sebuah barang yang berisi objek pemujaan. Mereka terlihat antusias menggotong yatai tersebut keliling jalanan. Toko-toko pun pada libur, seperti toko langganan yasai(sayuran) yang biasa saya beli, pada saat matsuri dia selalu tutup karena pada umumnya masyarakat Jepang terlihat berpartisipasi pada saat matsuri.  Mulai dari wanita, pria bahkan obaachan dan ojiichan ikut berpartisipasi, biasanya pekumpulan obaachan tidak ikut menggotong yatai tapi mereka hanya mengikuti dari samping memakai kimono atau yukata.


lanjut saja ya, setelah berkali-kali matsuri kali ini saya nemuin matsuri malam di daerah Meguro, yang saya temuin masyarakat memakai pakaian tradisional atau lebih dikenalnya yukata, mereka odori atau menari, ketika itu saya sedang jalan dengan teman Indonesia yang sudah lama tinggal di Jepang, saya tanya kenapa mereka menari-nari sperti itu, teman saya menjawab tujuan menari adalah mendoakan keberhasilan panen biasanya, intinya adalah mendoakan agar supaya makmur, aman dan tenang. Saya ada beberapa video odori-nya, semoga lain kali dapat di upload amiin:D.Lalu setealah itu  beberapa bulannya saya temuin matsuri malam di daerah rumah saya :D  di Bunkyo sama nari-nari juga. Matsuri juga biasanya identik dengan jual-jualan, ada stand takoyaki,yakiniku,yakimo, kaki gori dll. Oh ya teman-teman jangan bingung ya kalau nemuin matsuri berbeda-beda karena matsuri itu ritualnya berbeda-beda. Mungkin apa saya post belum tentu sama dengan matsuri lainnya karena ini berdasarkan pengalaman saya. Tapi intinya matsuri adalah perayaan, festival yang diiringi pemujaan. Hontouni ureshii desu!:D biasanya saya kalau denger matsuri dan banyak jual makanan, saya dan teman-teman langsung lari ke matsuri ;D apalagi kalau musim panas, yang diincak biasanya kakigori, kakigori semacam es serut lalu dikasih sirup warna-warni.



                                                         (this photo was taken by google.com)

                                          Matsuri di Bunkyo (daerah rumah saya)  this photo was created by ifa(me)




                                                            (this two photos was created by google.com)



                                                                  Matsuri Malam





No comments:

Post a Comment